Google
 

Monday, October 13, 2008

Pembukaan HATI Ke Alam Ghaib

Pembukaan pintu hati ke Alam Ghaib ini berlaku juga dalam kondisi-kondisi yang dekat Wahyu Kenabian, di mana Intuisi atau Wahyu atau Ilham terbit dalam fikiran tanpa di bawa melalui saluran-saluran indera(pancaindera) sebagaimana seseorang itu menyucikan dirinya dari pengaruh nafsu kebendaan dan menumpukan(konsentrasi) fikirannya kepada Allah. Maka semakin bertambah teranglah kesadarannya pada Intuisi atau Ilham yang seperti itu. Mereka yang tidak tahu tentang perkara ini tidak berhak menafikan hakikat tersebut.

Intuisi(Ilham) ini bukanlah terbatas bagi mereka Kenabian saja. Ibarat besi, jika selalu digosok dan digilap akan menjadi berkilat seperti cermin. Begitu juga jiwa dan fikiran yang diasuh dengan disiplin sedemikian rupa akan dapat menerima informasi dari Alam Ghaib itu. Sebab itulah Nabi Muhammad SAW. ada bersabda;

"Tiap-tiap kanak-kanak itu dilahirkan dalam keadaan Islam(fitrah), maka kemudian ibu-bapanyalah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani atau Majusi"

Tiap-tiap manusia dalam kesadaran batinnya yang dalam itu pernah mendengar pertanyaan;
Bukankah aku ini Tuhanmu?" dan mereka menjawab; "Ya", sebenarnya" tetapi sesetengah hati adalah ibarat cermin yang penuh debu dan berkarat sehingga tidak memberi bayangan apa-apa di dalamnya. Tetapi hati Ambiya dan Aulia meskipun mereka itu manusia biasa yang mempunyai perasaan seperti kita, mereka sangat senang dan cepat menerima semua gambaran atau Ilham Ketuhanan Yang Maha Tinggi itu.

Bukanlah karena Ilmu yang didapati dari Ilham atau Wahyu atau Intuisi itu saja yang menyebabkan Ruh manusia itu dapat menduduki martabat pertama atau paling tinggi di kalangan makhluk, tetapi juga oleh karena kekuasaannya(Ruh). Sebagaimana Malaikat-malaikat menguasai atau memerintah unsur-unsur, maka begitu jugalah Ruh itu. Ia memerintah anggota-anggota badan. Ruh-ruh yang mencapai peringkat kekuasaan yang khusus bukan saja memerintah badan mereka sendiri tetapi juga badan-badan yang lain. Jika mereka menginginkan orang sakit supaya sembuh, maka sembuhlah ia, atau orang yang sehat bisa disakitinya; atau jika mereka inginkan seseorang supaya datang kepada mereka, maka datanglah orang itu. Oleh karena kerja-kerja Ruh yang kuat ada dua macam; yaitu baik dan jahat, maka perbuatan mereka itu pun dibagikan dua macam juga yaitu Mukjizat dan yang lagi satu Sihir.

Ruh-ruh yang kuat ini berbeda dari Ruh-ruh orang biasa dalam tiga perkara:
1. Apa yang orang lain dapat lihat secara mimpi dalam tidur, mereka lihat dalam jaga.
2. Orang lain hanya dapat menguasai badan mereka sendiri saja. Mereka ini dapat menguasai badan-badan selain diri mereka juga.
3. Orang lain mendapat Ilmu dengan belajar dan mengkaji bersungguh-sungguh. Mereka ini mendapat Ilmu itu secara Ilham atau Wahyu.


Bukanlah ini saja tanda yang membedakan mereka dari orang biasa. Ada lagi yang lain. Tetapi itulah saja yang kita ketahui. Sebagaimana juga kita ketahui yaitu Allah itu saja yang mengenal DiriNya Yang Sebenar-benarNya, begitu jugalah hanya Nabi-nabi itu juga yang mengenal Hakikat Kenabian itu sebenarnya. Ini tidaklah mengherankan. Sedangkan dalam kehidupan sehari-harian ini pun kita mengalami kesulitan untuk menerangkan keindahan sesuatu Syair atau Puisi kepada orang yang tidak tahu dan tidak faham tentang Syair dan Puisi; atau keindahan warna pada orang buta.

Di samping ketidakmampuan, ada hal lain lagi yang menghalang seseorang itu mencapai Hakikat Keruhanian. Satu daripadanya ialah Ilmu yang diperolehi dari luar. Sebagai ibarat, hati itu adalah sebuah telaga, dan lima indera ialah lima batang pipa air yang sentiasa mengalirkan air ke telaga itu. Untuk mengetahui isi telaga itu sebenarnya, pipa air itu hendaklah dihentikan mengalir ke dalam telaga itu untuk sementara waktu, dan sampah-sampah yang di bawa oleh pipa air itu hendaklah dibuang dari telaga itu. Demikianlah ibaratnya.

Sekiranya kita hendak mencapai Hakikat Keruhanian yang suci itu, maka kita hendaklah sementara waktu menepikan Ilmu yang diperolehi dari proses luar (yaitu yang datang dari luar seperti belajar, membaca dan sebagainya) di mana biasanya telah menjadi beku dan keras dan bersifat Prasangka (Doqmatic Prejudice).

Di samping itu ada pula satu kesalahan yang dilakukan oleh orang-orang yang pendek IlmuNya, yaitu setelah mereka mendengar percakapan orang-orang Sufi, mereka pun merendah-rendahkan taraf ilmu. Ini adalah ibarat seorang yang bukan ahli dalam bidang Ilmu Kimia mengatakan, "Kimia itu lebih baik dari emas!", dan ia enggan menerima apabila emas diberikan kepadanya. Kimia lebih baik dari emas, tetapi ahli-ahli Kimia yang sebenar-benar pakar sangat sedikit bilangannya. Begitu jugalah ahli-ahli Sufi yang pakar sebenarnya amat sedikit bilangannya.

Orang yang hanya tahu sedikit saja berkenaan Kesufian adalah tidak lebih tinggi martabatnya dari orang-orang yang berpengetahuan. Begitu juga orang yang baru mencoba beberapa percobaan dalam bidang Kimia, janganlah hendak merendah-rendahkan orang yang kaya.

Orang-orang yang melihat berkenaan hal ini tentu akan melihat betapa kebahagian itu adalah sebenarnya berkaitan dengan Mengenal Allah Subhanahuwa Taala. Tiap-tiap anggota kita ini suka dan tertarik dengan apa yang sebenarnya ia dijadikan. Misalnya hawa nafsu suka dengan apa yang dikehendakinya; marah suka dengan membalas dendam; mata suka dengan benda yang indah; telinga suka mendengar muzik yang merdu dan sebagainya. Fungsi(tugas) Ruh manusia yang paling tinggi ialah Menyaksi atau Melihat Hakikat, dan di sanalah ia mendapat ketertarikan dan kesukaannya. Seorang itu amat gembira diberi jabatan Perdana Menteri, tetapi kegembiraan itu akan bertambah jika Raja berkawan baik dengannya dan menceritakan kepadanya rahsia-rahasia negeri.

Ahli Ilmu Falak(Astronom) dengan ilmunya dapat membuat peta-peta bintang dan perjalanan falaknya, akan merasai lebih tertarik pada ilmunya itu daripada pemain catur dengan ilmunya. Tidak ada yang lebih tinggi dari Allah Subhanahuwa Taala. Alangkah besarnya ketertarikan dan kebahagiaan yang didapati oleh seseorang itu hasil dari Makrifat Allah.

Barangsiapa yang sudah hilang kemauan untuk mencapai Ilmu yang sedemikian tinggi itu, maka orang itu adalah ibarat orang yang habis seleranya untuk memakan makanan yang baik-baik; atau pun seperti orang yang lebih suka memakan tanah daripada memakan roti. Semua selera badan kasar ini hilang apabila mati (bercerai nyawa dengan badan). Selera itu mati bersama badan kasar itu. Tetapi Ruh tidak mati dan ia tetap membawa apa juga Ilmu tentang Ketuhanan yang ada padanya, bahkan menambahkan Ilmu itu lagi.

Sebagian hal penting berkenaan Ilmu kita tentang Allah adalah timbul dari kajian dan pemikiran kita tentang badan kita sendiri, yang membukakan kepada kita kekuatan, kebijaksanaan dan Cinta Tuhan Yang Menjadikan segalanya. KekuasaanNya menunjukkan betapa setitik air djadikan kita seorang manusia yang cukup lengkap.

KebijaksanaanNya ditunjukkan dengan betapa rumit dan sulitnya anggota-anggota kita dan saling persesuaian antara bagian-bagian anggota itu antara satu dengan yang lain. CintaNya ditunjukkan dengan KurniaNya kepada kita bukan saja anggota-anggota yang paling penting untuk hidup seperti jantung, hati, otak, tetapi juga anggota-anggota yang tidak paling penting seperti tangan, kaki, lidah dan mata. Kemudian ditambah pula dengan perhiasan seperti hitam rambut, merahnya bibir, bulu mata yang melentik dan sebagainya.

Maka sewajarnyalah manusia itu diibaratkan sebagai " ALAM KECIL" dalam dirinya sendiri bentuk dan susunan badan itu hendak dikaji bukan saja oleh mereka yang hendak jadi doktor tetapi juga hendaklah dikaji oleh mereka yang ingin mencapai MakrifatuLlah, sebagaimana juga mengkaji secara mendalam tentang susunan keindahan bahasa dalam Puisi yang agung akan membukakan kepada kita kebijaksanaan pengarangnya.

Bahwa Ilmu atau Mengenal Ruh itu memainkan peranan yang lebih penting untuk membawa kepada MakrifatuLlah; lebih penting dari mengenal badan dan tugas-tugasnya. Badan ini ibarat kuda tunggangan dan Ruh itu ibarat Penunggangnya. Badan itu dijadikan untuk Ruh, dan Ruh itu untuk badan. Jika seseorang itu tidak tahu dirinya yang mana adalah yang paling dekat dengan Dia, maka apakah gunanya ia mengenal yang lain? Ibarat pengemis; yang dirinya sendiri pun payah hendak makan berkata pula ia akan memberi makan kepada penduduk sebuah kampung.

Dalam bab ini kita akan coba sedikit-sebanyak membicarakan keagungan Ruh manusia. Orang yang tidak peduli kepada jiwa atau RuhNya dan membiarkan Ruh atau jiwa itu berkarat dan gelap, maka rugilah ia di dunia dan di akhirat juga. Keagungan seseorang manusia itu sebenarnya terletak pada usaha untuk menuju Yang Kekal Abadi. Jika tidak, dalam dunia fana ini, manusia itulah yang paling lemah dari segala makhluk karena tunduk kepada kepada lapar, dahaga, panas, sejuk dan dukacita.



Perkara yang paling disukai biasanya paling bahaya kepadanya, dan perkara yang memberi faedah hanya dapat diperolehi melalui usaha dan susah payah. Berkenaan dengan Aqalnya pula, kesalahan yang sedikit saja pada otak bisa menyebabkan ia gila dan rusak. Berkenaan kekuasaan pula, gigitan nyamuk saja telah cukup menyebabkan ia resah gelisah dan tidak dapat tidur. Berkenaan dengan perasaan pula, dia rasa dukacita hanya dengan kehilangan beberapa sen uang. Berkenaan dengan kecantikan pula, dia tidak lebih dari perkara yang kotor dibalut dengan kulit yang licin lunak. Tanpa dibasuh selalu, ia menjadi tidak menarik lagi.

Pada hakikatnya, manusia itu dalam dunia ini adalah sangat lemah dan hina. Hanya di akhirat kelak manusia itu akan bernilai dan berharga. Maka dengan cara "Kimia Kebahagiaan" dia meningkat naik dari peringkat binatang kepada peringkat Malaikat. Kalau tidak, peringkat lebih hina dan rendah dari binatang yang akan hancur dan akan jadi tanah. Maka perlulah bagi manusia di samping sadar tentang ketinggian martabatnya dari semua makhluk, sadarlah hendaknya tentang lemah hinanya, karena itu pun adalah satu "anak kunci" membuka pintu Mengenal Allah (MakrifatuLlah).


Kimyatusy Sya'adah Readmore...

Saturday, October 11, 2008

Mengapa ALLOH Tidak Segera Menyiksa Orang Kafir

Salah satu rahasia yang diungkapkan dalam al-Qur'an adalah bahawa manusia tidak segera dibalas atas perbuatan buruk yang mereka lakukan, tetapi siksa tersebut ditangguhkan hingga waktu tertentu. Hal ini dikemukakan dalam ayat-ayat sebagai berikut:
Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu makhluk yang melata pun akan tetapi Allah menangguhkan mereka, sampai waktu tertentu; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.” (Q.s. Fathir: 45).

Dan Tuhanmulah Yang Maha Pengampun lagi mempunyai rahmat. Jika Dia mengazab mereka Kerana perbuatan mereka, tentu Dia akan menyegerakan azab bagi mereka. Tetapi bagi mereka ada waktu yang tertentu yang mereka sekali-kali tidak akan menemukan tempat berlindung daripadanya.” (Q.s. al-Kahfi: 58).

Bahawa ramai orang yang tidak segera dibalas atas perbuatan buruk mereka menyebabkan mereka beranggapan bahawa mereka tidak akan pernah diminta tanggung jawab atas perbuatan jahat mereka. Anggapan ini menyebabkan mereka tidak mahu bertaubat, merasa menyesal, dan memperbaiki kesalahan mereka. Di samping itu, hal tersebut semakin menambah keangkuhan mereka. Kerana terjauh dari hikmah, mereka tidak dapat melihat bahawa apa yang mereka lakukan itu akan menyebabkan datangnya azab, bahkan azab tersebut semakin berat di akhirat kelak. Dalam al-Qur'an, Allah menyatakan sebagai berikut:

Dan janganlah sekali-kali orang-orang kafir menyangka bahawa pemberian tangguh Kami kepada mereka adalah lebih baik bagi mereka. Sesungguhnya Kami memberi tangguh kepada mereka hanyalah supaya bertambah-tambah dosa mereka, dan bagi mereka azab yang menghinakan.” (Q.s. Ali Imran: 178).

Inilah penangguhan yang diberikan Allah untuk menguji manusia. Namun, tentu saja ada waktu yang telah ditetapkan Allah sehingga setiap orang akan dibalas atas apa yang mereka perbuat. Ketika waktu yang ditetapkan ini tiba, maka waktu tersebut tidak dapat ditunda atau dipercepat, meskipun hanya sesaat. Allah memberi tahu kita bahawa setiap orang pasti akan memperoleh balasan:

Dan sekiranya tidak ada suatu ketetapan dari Allah yang telah terdahulu atau tidak ada ajal yang telah ditentukan, pasti (azab itu) menimpa mereka.” (Q.s. Thaha: 129).

Dan Aku tangguhkan mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh.” (Q.s. al-A'raf: 183).
Harun yahya
Readmore...

Friday, November 23, 2007

Pentingnya Ilmu



Sejak awal, islam telah menimbulkan suatu revolusi terhadap konsep agama dan maknanya bagi bagi manusia. Berbeda dengan agama lain, islam menghubungkan agama dengan sains, agama dengan politik, dunia dengan akhirat, semua hal2 yang biasanya dilihat secara terpisah. Oleh karenanya, memahami konsep agama dalam perspektif islam adalah sebuah kepentingan yang tidak bisa dilepaskan dari proses pembangunan kepribadian islami ( syakhshiyyah islamiyah ).
Islam adalah konsep komprehensif atas segenap aspek kehidupan , bukan semata-mata berisi ritual dan doa2. islam adalah addien, bukan sekedar religion atau agama. Dengan selesainya masa pewahyuan, maka islam telah memiliki konsep yang khas, komprehensif ( syamil ) dan lengkap ( kamil ) tentang dirinya, manusia, kehidupan, dan bagaimana menghubungkan semua itu dalam satu kesatuan ( tawhid ), demi mewujudkan pengabdian tunggal kepada Allah. Sayyid Abul A'la al Mawdudi menulis sebuah risalah kecil yang detail menjelaskan 4 konsep dasar dalam islam : al-ilah, ar-rab, ad-dien dan al-'ibadah.

Kita tidak bisa memakai framework barat atau tradisi2 agama pagan dalam memaknai islam, terutama dalam kaitannya dengan kehidupan. Barat memakai pendekatan sosiologi-antropologi-psikologi untuk memahami agama, sehingga sepeneuhnya bersifat empiris-sekuler-relatif. Menurut sudut pandang ini, segala yang tidak bisa dibuktikat lewat empirisme, adalah sesuatu yang tidak mungkin diterima. Jikapun diterima maka ia bersifat relative dan subyektif.

Diantara sekian banyak isu mendasar dalam peradapan umat manusia yang direvolusi oleh islam adalah konsep ilmu. Dalam islam, ilmu dilepaskan dari segala unsure mitos, magis, prasangka tak berdasar, dan hal-hal yang bersifatpseudo-sains lainnya. Contoh pseudo-sains adalah astrologi. Selain mengakui pencapain ilmu melalui upaya2 eksperimental dan empiris, islam juga meneguhkan bahwa ada sumber otoritas mutlak dalam ilmu, yakni wahyu dan kenabian. Sejak wahyu pertama turun, perintah pertama adalah iqra', yang memiliki makna dasar darasa ( mengkaji ), faqiha ( memahami ), jama'a ( mengumpulkan ), dan hafizha ( menghafal ).

Para ulama' generasi terdahulu pun telah mengisyaratkan pentingnya ilmu dalam karya2 mereka. Imam al-Bukhari memulai kitab al-jami' as-Shahih dengan Kitab Bad'il Wahyi ( awal mula turunnya wahyu ). Ini adalah pengakuan terhadap otoritas tertinggi wahyu sebagai sumber ilmu. Dapat dimaklumi pula, wahyu pertama adalah surah al-'alaq ayat 1-5, dimana di dalamnya Alloh berfirman " alladzi 'allama bil qalam, 'allamal insana malam ya'lam ". Hampir seluruh tafsir akan mencantumkan riwayat detail dan panjang tentang al-qalam (pena) dan peran sentralnya dalam peradaban. Bahwa, al-qalam adalah ramz al-'ilmi wa at-ta'lim ( simbol ilmu dan pengajaran). Ilmu adalah ruh Islam. Tanpanya, Islam akan mati.

Kitab al-'ilmi ditempatkan oleh Imam al-Bukhari sebagai bab ke-3, setelah Kitab Bad'il Wahyi Dan Kitab al-Iman. Bahkan didalamnya ada bab yg berjudul bab al-Ilmi qablal Qaul wal 'Amal (pasal tentang ilmu sebelum berbicara dan berbuat), yang merupakan pasal ke-10 dalam Kitab al-'Ilmi.

Imam al-Ghazali memulai kitab Ihya' 'Ulumiddin-nya dg bab al-'Ilm. Dengan kitab at-Targhib wa at-Tarhib, imam al-Mundziry menempatkan Kitabul 'Ilmi : at-Targhib fil 'Ilmi wa Thalabihi wa Ta'allumihi wa Ta'limihi wa ma Jaa'a fi Fadhlil 'Ulama' wal Muta'allimin (Bab tentang Ilmu : Motivasi tentang Ilmu, Mencari Ilmu, Mempelajari dan Mengajarkannya, serta Riwayat lain tentang Keutamaan Ulama' dan Pengajar), sebeum bab2 ibadah spt bersuci, sholat, zakat, puasa, haji, dan bahkan jihat fisabillilah. Kitab al-'Aqidah an-Nasafiyah yang berbicara tentang teologi, juga mengawali pembahasannya dg menjelaskan konsep ilmu dalam pandangan Islam.

Para Sahabat Menuntut Ilmu

Tidak mudah menggambarkan para Sahabat menuntut Ilmu. Bukan karena sedikitnya data, namun karena melimpah ruahnya riwayat tentang hal itu sehingga mustahil ditulis dalam makalh ringkas ini. Sebagai bukti, adalah terawatnya ribuan hadits-hadits Rosululloh dalam berbagai kitab yg shahih dan kredibel. Jika tidak ada tradisi Ilmu yg sangat kuat ditengah2 mereka tentu kita di jaman ini akan bernasib sama dg kaum Nasrani dan Yahudi, dimana agama mereka telah kehilangan otentisitas karena sumber2 aslinya tidak terawat dan tidak mungkin ditelusuri kembali.

Banyak diantara Sahabat yang kemudian dikenal sbg " Raja Perawi Hadits ", dimana mereka menhafal dan mentransisikan kembali puluhan, ratusan sampai ribuan hadits Nabi secara lisan dari ingatan mereka. Pada generasi berikutnya, rekor ini dipecahkan dg lebih spektakuler lagi. Menurut sebuah catatan, Imam al-Bukhari menghafal sekitar 100.000 hadits shahih, dan kurang lebih 200.000 hadits lainnya dari berbagai tingkatan.

Adalah mengherankan, bahwa para Sahabat sangat teliti memperhatikan "peragaan" Rosululloh dalam segala hal. Bahkan, banyak diantaranya yg sangat sepele dan jarang diperhatikan. Riwayat tentang rambut, jumlah uban, bentuk wajah, postur tubuh, gigi, cara berjalan, dll diingat dengan baik. Ada riwayat yg melimpah tentang cara menyisir rambut, memakai alas kaki, masuk kamar kecil, cara berpakain, dsb. Sebagian kecil adalah mencatat, dan mayoritas menghafalnya dilkuar kepala. Seluruh "peragaan" itu kemudian dikenal sebagai as-Sunnah, yg mencakup ucapan, tindakan, keputusan, dan gambaran sifat Rosululloh SAW.


BMH Malang
Readmore...

Tuesday, September 18, 2007

Tips Menambah Kolom Pada Blog

Karena banyaknya pertanyaan seputar bagaimana cara
menambah kolom pada blog, akhirnya saya meluangkan waktu untuk menulis artikel
ini. Sebenarnya untuk menambah sebuah kolom baru bukanlah sebuah hal yang
terlalu sulit, akan tetapi tetap saja perlu sedikit pengetahuan untuk
melakukannya.
Pada kesempatan kali ini saya tidak akan menerangkan bagaimana cara membuat
kolom dengan bantuan gambar, akan tetapi seperti biasa saya akan menggunakan
template Minima yang merupakan template resmi yang di sediakan blogger yang
notabene tidak menggunakan gambar.
Jika mengacu kepada standarisasi dari template blogger, maka sebuah template
akan mempunyai tiga elemen penting, yaitu :


* Elemen Header
* Elemen Outer
* Elemen Footer
Untuk elemen Outer di bagi kembali menjadi :
- Elemen main, elemen main ini adalah elemen tempat kita menyimpan
posting, jadi apabila kita memposting sebuah artikel maka akan masuk dan di
tampilkan pada elemen ini

- Elemen Sidebar, elemen sidebar ini adalah merupakan elemen untuk
menyimpan berbagai blog tools ataupun aksesori yang kita inginkan untuk
mempercantik blog.
Akibat ketidak puasan dari sidebar yang hanya satu buah, maka jika kita
menginginkan adanya sidebar tambahan maka kita tentu saja harus menambahnya
sendiri, agar sedikit jelas maka akan saya perlihatkan kode template asli dari
template minima (template baru/XML)



Dari kode diatas, yang perlu di perhatikan adalah kode di sekitar
Outer-Wrapper :


/* Outer-Wrapper

------------------------------------------ */
#outer-wrapper {

width: 660px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:left;
font: $bodyfont;
}
#main-wrapper {
width: 410px;
float: left;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}

#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}


Seperti saya singgung diatas bahwa Outer-Wrapper merupakan wadah untuk menyimpan
main-wrapper serta sidebar-wrapper. Jadi jika kita ingin menambah kolom baru
atau dengan kata lain sidebar baru, maka hal yang pertama wajib di lakukan
adalah menambah nilai lebar dari Outer-wrapper itu sendiri.
Sekarang bagaimanakah cara menambahkan kolom baru? Yang pertama harus di
pikirkan adalah berapakah lebar kolom baru yang mau kita buat. Ok, biar sejalan
saya ambil contoh lebar yang akan di buat adalah sebesar 180 pixel, jadi secara
otomatis kita harus merubah lebar dari Outer-wrapper terlebih dahulu, sehingga
secara kasar lebar outer-wrapper menjadi : 410 pixel + 220 pixel + 180 pixel +
20 pixel = 830 pixel, biar ada sedikt sela, maka kita tambah 10 pixel sehingga
nilainya menjadi 840 pixel. Untuk menambah kode sidebar baru, saya beri contoh
seperti ini :

#sidebarbaru-wrapper {
width: 180px;
float: right;
padding-left:10px;
word-wrap: break-word;
overflow: hidden;
}


Maka apabila di tambahkan kodenya jadi seperti ini :
/* Outer-Wrapper
------------------------------------------ */
#outer-wrapper {
width: 840px;
margin:0 auto;
padding:10px;br>
text-align:left;
font: $bodyfont;
}

#main-wrapper {
width: 410px;
float: left;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}
#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
padding-left:10px; /* yg ini tambahan juga biar tampak ada jarak sela */
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */

#sidebarbaru-wrapper {
width: 180px;
float: right;
padding-left:10px;
word-wrap: break-word;
overflow: hidden;
}


Itu merupakan langkah pertama yang kita lakukan. langkah yang kedua adalah kita
harus membuat kode yang di pasang pada bagian body. Sebagai contoh pada template
diatas, kode id untuk sidebar adalah seperti ini :



Maka kewajiban selanjutnya adalah memasang kode untuk id sidebarbaru yang
akan kita buat, kodenya seperti ini




Apabila di padukan, simpanlah kode sidebaru di bawah kode sidebar yang asli,
kodenya kira-kira seperti ini :



Kolom baru yang kita buat sudah tercipta. Agar tampak lebih menarik, maka
sebaiknya kita pun mengubah lebar dari header serta footer dengan nilai yang
sama untuk Outer-wrapper yaitu sebesar 840 px. .

Masih bingung?
Agar tidak terlalu bingung, saya ajak sobat untuk mempraktekannya langsung.
Silahkan sobat buat satu blog baru sebagai percobaan (jangan pada blog yang
utama), pilihlah template minima yang biasa. Sudah siapkah sobat? Ok, kita
langsung meluncur ke TKP dan saya asumsikan sobat sudah mempunyai satu blog baru
sebagai bahan percobaan :


 * Sign in di blogger
 
* Klik menu Layout
 
* Klik menu Edit HTML


* Ingat ! jangan memberi tanda centang pada kotak
kecil di samping tulisan Expand Widget Template, sekali lagi jangan
mencentangnya, karena jika sobat mencentangnya nanti akan keluar kode-kode
widget yang memusingkan kepala.
 Cari kode seperti di bawah ini :

#header-wrapper {
width:660px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}
ganti nilai 660px dengan 840px, sehingga kodenya jadi seperti ini :


#header-wrapper {
width:840px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}

§ Cari kode seperti di bawah ini :
#outer-wrapper {
width: 660px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:left;
font: $bodyfont;
}
br>
ganti nilai 660px menjadi 840px, sehingga kodenya menjadi seperti ini :
#outer-wrapper {
width: 840px;
margin:0 auto;
padding:10px;text-align:left;
font: $bodyfont;
}


Cari kode seperti di bawah ini :
#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}

Copy paste kode berikut persis di bawah kode yang seperti di atas :
#sidebarbaru-wrapper {

width: 180px;
float: right;
psdding-left:10px;
word-wrap: break-word;
overflow: hidden;
}


Cari kode seperti di bawah ini :
#footer {
width:660px;
clear:both;
margin:0 auto;
padding-top:15px;
line-height: 1.6em;
text-transform:uppercase;
letter-spacing:.1em;
text-align: center;
}

Ganti nilai 660px menjadi 840 px, sehingga kodenya akan seperti ini :

#footer {
width:840px;
clear:both;
margin:0 auto;
padding-top:15px;
line-height: 1.6em;
text-transform:uppercase;
letter-spacing:.1em;
text-align: center;
}

Cari kode seperti di bawah ini :



Copy kode berikut, lalu paste persis di bawah kode yang seperti di atas :



* Klik tombol Simpan Template

* Selesai.
Untuk melihat efek hasilnya, silahkan klik Elemen Halaman apakah sudah
berformasi tiga kolom atau belum? jika sudah, silahkan isi sidebar tersebut
dengan apa saja lalu lihatlah hasil nyatanya.

Langkah-langkah di atas merupakan metoda dasar saja, untuk menambahkan variasi
lain, sobat memerlukan pengetahuan serta kretifitas. Agar sobat yakin dengan apa
yang saya terangkan, sobat bisa melihat contoh yang sudah jadi, seperti blog ini
!

Selamat berexperimen !

Dikutip Dari Kang Rohman Blog Tutorial

 

Readmore...

Friday, September 14, 2007

Jadwal Imsyakiyah

MARHABAN YA RAMADHAN.
Tak terasa kita sudah memasuki bulan yang penuh dengan BERKAH.Semoga dengan ibadah puasa ini kita akan semakin dekat dengan pencipta kita yaitu ALLOH SWT.
Dan juga semoga dengan puasa ini semakin mempertebal Iman kita.amin-amin ya robbal alamin.Mungkin saja temen-temen ada yang cari JADWAL-JADWAL SHOLAT Dan IMSYAK RAMADHAN 1428H ( 2007m ).
Tinggal Klik saja kota atau wilayah berikut ini:

1.Ambon
2.Amuntai
3.Balikpapan
4.Bandar Lampung
5.Bandung
6.Banda Aceh
7.Banjarnegara
8.Banjarmasin
9.Banyuwangi
10.Baturaja
11.Batusangkar
12.Bengkalis
13.Bengkulu
14.Blitar
15.Blora
16.Bogor
17.Bojonegoro
18.Bontang
19.Bukittinggi
20.Cilacap
21.Cirebon
21.Demak
23.Dumai
24.Denpasar
25.Fakfak
26.Garut
27.Gorontalo
28.Gunungsitoli
29.Jakarta
30.Jambi
31.Jayapura
32.Jepara
33.Jember
34.Kebumen
35.Kediri
36.Kendari
37.Ketapang
38.Kolaka
39.Kotabaru
40.Kotabumi
41.Kupang
42.Labuhan
43.Lahat
44.Langsa
45.Lhokseumawe
46.Lubuksikaping
47.Lumajang
48.Luwuk
49.Madiun
50.Makasar
51.Malang
52.Mamuju
53.Mataram
54.Maumere
55.Medan
56.Menado
57.Merauke
58.Metro
59.Meulaboh
60.Muaraenim
61.Nabire
62.Nunukan
63.Pacitan
64.Padang
65.Padangsidempuan
66.Painan
67.Palangkaraya
68.Palembang
69.Palu
70.Pamekasan
71.Pangkal Pinang
72.Parepare
73.Payakumbuh
74.Pekalongan
75.Pekanbaru
76.Pelabuhanratu
77.Pematangsiantar
78.Pontianak
79.Purwakarta
80.Purwokerto
81.Sabang
82.Salatiga
83.Samarinda
84.Semarang
85.Serang
86.Sibolga
87.Singaraja
88.Singkawang
89.Sorong
90.Subang
91.Sukabumi
92.Sumbawa Besar
93.Sumenep
94.Surabaya
95.Surakarta
96.Tanjungbalai
97.Tanjungpandan
98.Tanjungpinang
99.Tasikmalaya
100.Tebingtinggi
101.Tegal
102.Ternate
103.Tolitoli
104.Tuban
105.Wamena
106.Yogyakarta

Jadwal Imsyak ini dikutip dr pkpu.or.id

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon Maaf Bila ada kesalahan
Readmore...