Google
 

Wednesday, August 22, 2007

Promo Blog

Cara Praktis Promosi Blog
Setelah selesai membuat blog, hal yang tak kalah pentingnya adalah mempromosikan/memperkenalkan blog milik Anda pada dunia ramai. Apa gunanya membuat blog kalau isi curhat, puisi, cerpen, refleksi dan opini Anda yang diposting tidak dibaca orang, bukan?

Ikuti langkah-langkah promosi blog sebagai berikut:

(1) Daftarkan di blog directory

Daftarkan blog Anda ke berbagai direktori blog (blog directory). Sedikitnya, daftarkan di tiga blog directory terbesar dan terpopuler, yaitu (a) http://technorati.com/ (b) http://feedburner.com/ (c) http://blogdigger.com/. Ikuti seluruh petunjuk pada ketiga blog directory tersebut ketika mendaftar.

Blog-blog directory ini nantinya secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai search engine, termasuk tiga search engine besar yaitu http://google.com, http://msn.com, http://yahoo.com.

(2) Link-trade, Link Exchange atau Tukar Link

Ajak teman anda yang memiliki blog untuk saling tukar link. Link URL anda di blog dia, dan jangan lupa anda juga memasukkan link blog teman anda tersebut. di blog anda. Dalam dunia blog, ini disebut juga dengan istilah BLOGROLL. Dan blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas blog di seluruh dunia, mengalahkan website yang biasa.

Blogroll atau link-exchange tidak harus melalui permintaan, bisa juga dengan saling suka rela. Umpamanya, ada seseorang blogger (pemilik blog) yg memasang link Anda di blog dia, apabila Anda tahu, maka Anda juga "berkewajiban" menambah link blog dia di blog Anda. Apabila tidak, maka akan dicap sebagai "blogger pelit". Di dunia maya pun, sebagaimana di dunia nyata, orang pelit akan selalu teralienasi. Dengan kata lain, sedikit "tamu"nya. :)

Nah, bagaimana cara mengetahui ada yang mengelink blog Anda? Caranya mudah: tulis di kotak http://technorati.com/search alamat blog Anda atau blog siapa saja yang ingin Anda ketahui. Contoh blog ini, http://andreyo80.blogspot.com/, setelah itu tekan search, anda akan tahu siapa saja yang ngelink ke blog tersebut.

Sebagai langkah pertama 'proyek' tukar link, Anda bisa mencoba dengan memasang link blog http://afsyuhud.blogspot.com/ di sidebar blog Anda. Dalam waktu tidak lama, alamat blog Anda akan tampil di blognya.

(3) Berkunjung ke blog lain

Untuk menambah teman untuk diajak blogroll, sempatkan berkunjung ke blog2 lain, dan berkomentar di buku tamu atau tagboard mereka atau berkomentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka akan "bertamu balik" ke "rumah" atau blog Anda.

(4) Aktivitas posting
Usahakan sedikitnya satu kali posting setiap harinya. Posting yang teratur di blog, akan membuat tamu datang secara teratur juga.

(5) Alamat blog di signature email
Tulis alamat blog Anda di signature email. Sehingga setiap anda menulis email ke pribadi atau ke millis, alamat blog anda akan selalu muncul, dan "menggoda" orang untuk berkunjung. Memposting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda member milis untuk datang ke blog Anda.

Dikutip dari : Mario Gagho at Blog Tutorial

dicopy dari http://wynwira-tutorial.blogspot.com

22 comments:

  1. lam kenal, nice post friend..
    btw main ke blogkoe juga ya :)

    ReplyDelete
  2. jika kamu mau mempromosikan blog, coba aja di http://blogpromo.co.cc gratis tanpa daftar

    ReplyDelete
  3. tips yang bagus untuk di coba..makasih ya..main juga ke blogku

    ReplyDelete
  4. Wah...bagus tips anda, boleh saya terapkan. Salam kenal ya.

    MasKarso
    http://kitapemula.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. butuh promo blog METAL nih...
    http://xmadzfordie.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. petunjuknya oke. tapi saya belum bisa, ketika saya coba masih sulit dimengerti. kira 2 berapa lama sih bisa terbaca ? salam kenal www.free-software-full.blogspot.com.

    ReplyDelete
  7. kunjungi blog saya y....
    http://littlestarkid.blogspot.com/
    dan jika anda sekalian ingin dress import harga dmulai dari 50.000 atau baju couple yang hanya 49.000 silahkan kunjungi blog saya di hunnybunny-tokobaju.blogspot.com

    thanks

    ReplyDelete
  8. ADD BLOG SAYA,
    MENYEDIAKAN PULSA DENGAN HARGA BERSAING
    HTTP://GUDANGPULSA-KIKOHARA.BLOGSPOT.COM

    THANKS

    ReplyDelete
  9. Thanks for your valuable contribution!

    ReplyDelete
  10. hemh boleh juga tu tipsnya.
    mank ap ja yg bisa di posting?

    adito-as.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. setelah dibaca" dan dipahami, ternyata disini bisa nitip link.. ;)
    salam kenal boss....

    ReplyDelete
  12. salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website/blog adalah dengan memasang widget sms gratis, yaitu widget yg menyediakan fitur utk kirim sms gratis ke seluruh GSM/CDMA di Indonesia, manfaatnya adalah :
    - penunjung akan kembali ke blog anda bila ingin kirim sms lagi
    - penerima sms akan mendapatkan teks iklan yg bisa anda tentukan sendiri, misalnya alamat blog anda, harapannya dia akan akan mencoba sms gratis juga dengan membuka blog anda.

    dapatkan widget gratis di www.smsgratis.web.id dan tentukan sendiri iklan setiap sms terkirim dari blog anda

    ReplyDelete
  13. http://file5shared.blogspot.com cari apa gan 3gp

    ReplyDelete
  14. mantap triknya gan
    http://www.serambigratis.co.cc

    ReplyDelete
  15. tulisan yang sangat bermanfaat..
    terima kasih

    ReplyDelete
  16. bermanfaat bgt untuk blog pemula... mkasih

    ReplyDelete
  17. Terima kasih infony...bermanfaat bgt utk saya & kawan-kawan.
    http://www.rgicorp.co.cc/

    ReplyDelete
  18. hai keren, cuma sayangnya kalau blognya bukan yang direkomendasikan google tidak bisa mengisi buku tamu, kebetulan alamat blogkku:http://www.kompasiana.com/planet
    jadi tidak bisa di attach, so gimana solusinya

    ReplyDelete
  19. mampir balik ke ezaquote.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. wow keren,tapi saya telah mencoba dan sepertinya tidak berhasil
    visit my blog http://semuakarnacint4.blogspot.com

    ReplyDelete